PRESS TOUR TAHAPAN PEMILU 2014

Jangan Sampai Masyarakat Beli Kucing dalam Karung

 

Komisioner KPU Provinsi Kalsel, HM Riza Jihadi menilai persiapan penyelenggaraan pemilu oleh KPU di kabupaten sudah sesuai peraturan yang berlaku. Riza yang melakukan kunjungan ke KPU Hulu Sungai Tengah dan KPU Balangan menilai, KPU di kabupaten terlihat bekerja keras mensukseskan pemilu 2014 mendatang.

“Persiapan kawan-kawan dari awal yakni proses verifikasi parpol dan pendaftaran, sampai ke penetapan daftar pemilih tetap dan daftar calon tetap tidak menemui kendala. Mereka sekarang taat pada penjadwalan dan konsen untuk melakukan sosialisasi,” kata Riza ketika berada di Kabupaten Tabalong, Rabu (2/10) malam.  Kabupaten Tabalong merupakan tujuan terakhir dari kunjungan KPU Provinsi Kalsel ke daerah-daerah. Saat ini, daerah tersebut sedang  menggelar pemilihan umum kepala daerah (pilkada).

Riza menuturkan, KPU di kabupaten terus melakukan sosialisasi baik untuk pendidikan pemilih pemula maupun sosialisasi peraturan KPU. Beban dari KPU kabupaten diakuinya cukup berat dengan berbagai temuan di lapangan. Tetapi dia yakin bahwa kendala itu dapat teratasi memalui komunikasi  dan sinergi antar lembaga.

Selain kendala tempat pemungutan suara (TPS) yang terancam digususr di Desa Wonorejo, Kecamatan Juai Kabupaten Balangan, permasalahan lainnya adalah soal logistik.

Di KPU Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) misalnya. Dalam pertemuannya  dengan  para komisioner HST dan Sekretaris KPU HST H Abdussakur, dibahas tentang masalah kekurangan 348 kotak suara.  Kurangnya kotak suara memang sudah dibicarakan dalam rapat kordinasi dengan KPUD Provinsi Kalsel beberapa waktu lalu.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten HST , Abdul Hadi, pihaknya mengupayakan untuk tidak meminjam kotak suara dari kabupaten lain karena akan merepotkan.

“Sudah ada anggaran di tahun ini untuk menambah kekurangan, termasuk dalam hal kotak suara. Karena bukan hanya HST saja yang mengalami kekurangan, kabupaten lain juga mengalaminya. Sehingga kita sudah mengusulkan anggaran ke provinsi dan sudah dirapatkan,” jelas Abdul Hadi yang menangani logistik pemilu.

Abdul Hadi menambahkan, aka nada pengadaan kotak suara dari provinsi. Sehingga pihaknya tidak perlu meminjam dari kabupaten lain.

Disisi lain, HST malah kelebihan sekitar 700 bilik suara. Sehingga kelebihan itu akan disimpan di gudang.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Kalsel, Samahuddin berharap, pelaksanaan pemilu maupun pilkada di Kabupaten Tabalong dapat berjalan dengan fair. Para calon diharapkan berkompetisi dengan sehat dan memenuhi harapan masyarakat.

“Para calon harus mampu menjual program visi dan misi kepada masyarakat. Ini agar masyarakat tidak membeli kucing dalam karung,” kata Samahuddin, ketua KPU Provinsi Kalsel, ketika diminta komentarnya tentang calon bupati  usai menghadiri Rapat Pleno Terbuka dan Penetapan Nomor Urut Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabalong di salah satu hotel berbintang di Kota Tanjung, ibukota Kabupaten Tabalong, Kamis (3/10) siang.

Sedangkan Sekretaris KPU Provinsi Kalsel, Bambang Setiawan, SH.,MH menerangkan, saat ini jumlah pemilih di kalsel mencapai 2,8 juta. Dalam hal persiapan sekretariat KPU, menurutnya sudah dalam tahap lelang logistik. Untuk Kalsel, dipastikan bahwa kotak suara terbuat dari kardus.

“Ada beberapa kemudahan kotak suara dari kardus, karena sekali dipakai langsung dibuang,. Kalau dari aluminium akan banyak dicuri karena bahannya tebal dan bagus. Bahan dari kardus juga tersedia di daerah, sehingga pengadaan bias dilakukan disini,” urainya.

Bambang juga menginformasikan bahwa KPU Provinsi Kalsel akan mengundang siswa SMA Gambut  dan di rantau Badauh  untuk sosialisasi pemilu. Para siswa itu akan menjadi duta dari KPU Kalsel untuk sosialisasi pemilu dan menjaring pemilih pemula.

Disinggung tentang golput, Bambang melihat bahwa tipologi golput di Kalsel adalah mereka yang sengaja tidak memilih. “Mereka tidak memilih karena merasa tidak ada perubahan yang ditawarkan para calon atau itu-itu saja. Anak muda kan ingin perubahan,” cetusnya. (cynt).

You are here: Home Berita KPU Berita Daerah PRESS TOUR TAHAPAN PEMILU 2014